Tips Merawat Tubuh

Senin, 11 September 2017

Manfaat dan Fungsi Vitamin C untuk Tubuh Manusia

Manfaat dan Fungsi Vitamin C untuk Tubuh Manusia - Vitamin C adalah sejenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas. Istilah vitamin C sering disebut sebagai senyawa asam askorbat yang merupakan bentuk paling umum. Banyak orang berasumsi bahwa jeruk adalah sumber vitamin C tertinggi, tapi buah-buahan lain seperti jambu, pepaya, lemon dan kiwi mengandung lebih banyak vitamin C.
Manfaat dan Fungsi Vitamin C untuk Tubuh Manusia
Manfaat dan Fungsi Vitamin C untuk Tubuh Manusia

Manfaat dan fungsi vitamin C untuk tubuhMengatasi fluVitamin C tidak langsung menyembuhkan penderita flu. Namun, konsumsi vitamin C bisa mempercepat penyembuhan penyakit flu.Sistem kekebalanVitamin C juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dari virus, bakteri dan radikal bebas.AntioksidanVitamin C sebagai antioksidan, selain memperbaiki sel tubuh serta jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas.Penyakit mataSalah satu penyakit mata yang umum adalah katarak. Memenuhi asupan harian vitamin C dapat membantu mencegah penyakit katarak.Kesehatan KulitDalam perawatan kecantikan, vitamin C memiliki peran penting dalam sirkulasi darah sehingga kulit terlihat lebih dingin. Vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan mencegahnya dari kerusakan.KankerBeberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengkonsumsi banyak vitamin C dari makanan seperti buah atau sayuran (bukan suplemen), memiliki risiko kanker payudara lebih rendah.


BACA JUGA :  Klinik Sunat Pekabaru

Konsumsi vitamin COrganisasi Kesehatan Dunia (WHO), misalnya, menetapkan 45 mg per hari, Food Standard Agency di Inggris pada 40 mg per hari dan National Academy of Sciences di Amerika Serikat antara 60 dan 95 mg per hari. Di AS, asupan maksimal yang bisa ditoleransi adalah 2.000 miligram per hari.Sumber vitamin C terbaik berasal dari buah-buahan segar, sayuran dan jus. Setengah cangkir (125 ml) jus jeruk mengandung sekitar 50 mg vitamin C. Bukan Hanya jeruk, Kamu juga bisa mendapatkan sumber vitamin C lainnya dari kiwi, stroberi, paprika dan sayuran kuningan seperti brokoli dan kol.Gejala kekurangan vitamin C ditandai dengan hilangnya gairah, kram otot, kulit kering, rambut bercabang, gusi berdarah, anemia, infeksi, penyembuhan lambat.Sedangkan kelebihan vitamin ini ditandai dengan diare dan asam lambung meningkat. Bila kelebihan terjadi dalam waktu yang cukup lama, bisa menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil karena vitamin C keluar dalam bentuk kristal.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar