Tips Merawat Tubuh

Senin, 11 September 2017

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan - Vitamin A adalah sejenis vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki peran sangat penting bagi kesehatan tubuh. Ini karena vitamin A memiliki banyak senyawa di dalamnya, antara lain retinol, retinil aselat dan banyak lainnya. Dari semua kandungan senyawa ini hanya senyawa retinol saja yang sangat mirip dengan vitamin A dibanding senyawa lainnya. Meski belum semua konten memainkan peran yang baik untuk kesehatan tubuh kita salah satunya adalah kesehatan mata.
Manfaat Vitamin a Bagi Kesehatan
Manfaat Vitamin a Bagi Kesehatan

Manfaat Vitamin AVitamin A memiliki peran atau manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Tapi sebelum membahas manfaat ini, lebih baik tahu terlebih dahulu jenis makanan apa saja yang mengandung vitamin A.Ada banyak sumber vitamin A termasuk wortel, bayam, cabai merah, daun sawi, brokoli, paprika, tomat, kacang panjang dan kangkung. Selain kandungan vitamin A yang berasal dari sumber hewani adalah daging itik, daging ayam, hati ayam, daging hati, domba ginjal, telur, susu, keju dan ikan mas salah satunya adalah laras dan gabus. Nah, setelah mengetahui semua sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A, berikut anda baru saja membahas tentang manfaat vitamin A. Penjelasannya sebagai berikut.Manfaat Vitamin A Yang Perlu Anda KetahuiPemeliharaan kesehatan mataPeran utama senyawa vitamin A atau retinol adalah menjaga kesehatan mata. Mungkin untukmu ini tentu tidak asing lagi. Selain itu ada banyak penelitian yang membuktikan penyebab kebutaan itu sendiri, karena hal itu disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin A untuk tubuh. Oeh, oleh karena itu, terbiasa dengan banyak makanan yang memiliki sumber vitamin A seperti yang disebutkan di atas.Meningkatkan sistem kekebalan tubuhSelain memiliki manfaat kesehatan mata, vitamin A juga bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan kandungan retinyl palmitate didalamnya. Kandungannya berperan mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk ke tubuh melalui sistem pernafasan dan lain-lain. 


BACA JUGA :  Klinik Sunat Pekabaru

Sebagai antioksidanVitamin A juga dikenal sebagai beta karoten yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas akibat polusi dan juga berasal dari oksidasi tubuh. maka vitamin A suber sangat penting bagi tubuh untuk menunjang kondisi kesehatan.Optimalisasi Pengembangan Janin Manfaat vitamin A berikutnya adalah mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, di mana vitamin A adalah vitamin yang sangat larut dalam tubuh. Jadi dengan vitamin A sangat baik menjadi sumber makanan yang mampu membantu janin tumbuh. Diantaranya dapat membantu dalam pengembangan organ mata, organ tulang, dan kesehatan kulit janin.Menghambat pertumbuhan sel kankerMenurut sebuah penelitian oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Amerika, ia mengatakan bahwa vitamin A dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sedangkan untuk peran sel kanker penghambat adalah asam retionat atau retinol.Karena kekurangan vitamin AMasalah dengan penglihatanSeperti kita ketahui salah satu manfaat vitamin A adalah menjaga kesehatan mata. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, tentunya bisa membuat kesehatan mata terganggu. Salah satu gejala awal defisiensi vitamin A adalah mata kering (xeropthalmia), yaitu kondisi di mana kelainan pada selaput lendir mata dan lapisan mata.Penyakit pencernaanKarena kekurangan vitamin A yang kedua adalah menyebabkan penyakit pada sistem pencernaan. Usus memainkan peran penting dalam proses pencernaan, terutama sebagai tempat penyerapan air. Sementara vitamin A sendiri memiliki efek yang cukup besar untuk menjaga agar dinding usus tetap berfungsi normal. Jika tubuh kekurangan vitamin A, tentunya penyerapan air di usus akan terganggu. Jika tidak segera diobati ini bisa menyebabkan infeksi pada kandung kemih akibat penyerapan air di usus yang kurang optimal.Menyebabkan penyakit kulitBerkutnya itu bisa menyebabkan penyakit kulit. Tubuh dengan kekurangan vitamin A bisa mengurangi kemampuan sel di kelenjar untuk menghasilkan lendir. Jika dibiarkan pada saat regenerasi, kulit akan digantikan oleh sel epitel bersisik dan kering. Tentu hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Kekurangan vitamin A dalam tubuh juga bisa menyebabkan lesi yang sulit disembuhkan jika terjadi cedera.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar