Tips Merawat Tubuh

Senin, 04 September 2017

Cara Menghilangkan Karang Pada Gigi

Cara Menghilangkan Karang Pada Gigi - Munculnya tartar atau plak pada gigi Anda pasti akan membuat Anda kurang percaya diri. Karena itu, setiap orang ingin segera menghilangkannya dengan cara yang mudah dan alami. Piring atau sering disebut tartar, terbentuk karena kotoran pada gigi, yang secara bertahap mengeras membentuk seperti kerak atau koral.
Kotoran berasal dari makanan yang kita makan setiap hari yang mudah menempel terutama di sisi gigi. Terkadang sisa makanan sulit hilang meski menyikat gigi. Ini karena sikat gigi sulit dijangkau di tempat yang sulit, atau kurang tepat dalam menyikat gigi. Terutama pada orang yang malas menyikat giginya, akan mudah membentuk plak pada gigi mereka. 

Cara Menghilangkan Karang Pada Gigi
Cara Menghilangkan Karang Pada Gigi

Plak gigi paling sering disebabkan oleh sisa makanan. Makanan yang paling rentan terhadap plak gigi adalah makanan manis, seperti coklat, permen, biskuit, dll.
Selain makanan, beberapa kebiasaan seperti merokok dan minum kopi juga bisa menyebabkan plak. Munculnya plak pada gigi akan membuat gigi Anda menjadi jelek dan kotor, terutama jika berubah menjadi kekuningan. Hal ini tentunya akan mengganggu penampilan Anda.
Tidak hanya penampilan yang berubah, plak pada gigi juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti munculnya infeksi pada gigi dan gusi, gigi menjadi mudah keropos, menyebabkan bau mulut, dan risiko gangguan pencernaan.
Beberapa cara untuk menghilangkan plak pada gigi
Memiliki gigi putih bersih akan menjadi impian setiap orang. Jika Anda memiliki plakat atau karang gigi biasanya akan membuat seseorang kurang percaya diri, misalnya orang tersebut enggan tersenyum, tertawa, atau jika dia berbicara cukup jauh dari orang lain. Karena itu, untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat dan terlihat lebih aman, coba letakkan beberapa cara untuk menghilangkan plak pada gigi berikut ini:

Menyikat gigi secara teratur
Cara menghilangkan plak pada gigi utama adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Sikat gigi minimal 2 kali sehari. Anda juga bisa menyikat gigi setiap kali makan. Dengan menggosok gigi secara teratur, maka Anda bisa membersihkan sisa makanan di rongga mulut sehingga tidak menumpuk di plak. Gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride karena efektif dalam mencegah dan mengurangi plak pada gigi Anda.
Saat memilih kuas sebaiknya pilih sikat gigi yang cukup tebal agar lebih mudah membersihkan piring. Juga dengan menggosok gigi, sebaiknya lakukan dengan baik. Menggosok gigi kanan Anda seperti lingkaran kecil dari bawah ke atas, bukan dari kiri ke kanan seperti menggosok pakaian Anda. Jangan lupa mengarahkan sikat gigi ke semua garis lateral gigi.
Floss
Cara menghilangkan plak pada gigi juga bisa dilakukan dengan benang. Flossing digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi dan di antara gigi dengan menggunakan benang. Benang yang digunakan di sini tentu saja merupakan benang khusus dalam kemasan steril. Anda dapat dengan mudah berbelanja di toko terdekat. Flossing biasanya dilakukan saat Anda selesai makan, dimana makanan tetap menempel bisa dibersihkan langsung agar tidak memiliki kesempatan untuk menumpuk di piring.
Flossing adalah cara ampuh untuk membersihkan plak karena seringkali tidak semua tempat gigi bisa ditempuh dengan sikat gigi saat menyikat gigi. Setelah flossing, untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa berkumur dengan obat kumur anti bakteri. Karena bentuknya yang cair, obat kumur merata bisa menjangkau semua tempat di rongga mulut untuk berperan dalam mencegah awitan plak dan membunuh kuman.
kulit jeruk
Anda juga bisa mengeluarkan plak dengan kulit jeruk. Cara menghilangkan plak pada gigi dengan kulit jeruk yang sedang mempersiapkan jeruk untuk mengambil kulit. Gunakan bagian dalam kulit jeruk untuk menggosok gigi. Kulit jeruk ini mengandung sejumlah besar vitamin C sehingga efektif dalam memerangi mikroorganisme dan menghilangkan plak. Selain kulit jeruk juga efektif memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.
Cengkeh dan air lemon
Cara menghilangkan plak pada gigi berikutnya yang menggunakan cengkeh dan air lemon. Caranya adalah dengan menyiapkan sekitar 4-5 cengkeh, haluskan sampai halus. Kemudian tambahkan satu sendok makan jus lemon, aduk hingga halus. Setelah ramuan dioleskan ke gigi. Sikat dengan sikat gigi seperti biasa dan lakukan secara teratur.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar