Tips Merawat Tubuh

Senin, 18 September 2017

Manfaat buah Kundur untuk kesehatan

Manfaat buah Kundur untuk kesehatan - buah Kundur yang sering kita kenal dengan nama buah beligo atau baligo adalah sejenis buah yang pohonnya tumbuh tanaman merambat. Kundur termasuk genus benincasa dan keluarga cucurbitaceae. Oleh masyarakat, umumnya digunakan sebagai kendaraan.
Manfaat buah Kundur untuk kesehatan
Manfaat buah Kundur untuk kesehatan

Buah dengan nama latin Benincasa hispida memiliki nama yang berbeda di masyarakat Indonesia, di Aceh dikenal dengan nama kundo, Batak dikenal gundur, di Kundus Minangkabau, di Lampung serdak diketahui, di masyarakat jawa disebut melon musim dingin, madura. Kondor yang dikenal, di NTT disebut Lela, sedangkan di pulau Timor dikenal sebagai komelingan.

Ciri buah kundur

  • Kulit buah terasa lembut
  • Sambil masih mentah kulit buahnya memiliki bulu halus, dan jika sudah tua atau matang, rambutnya akan hilang
  • Bentuk buah bundar sepanjang, bisa mencapai dua meter
  • Batang pohon itu berkayu, lembut, berbulu dan hijau
  • Tumbuh atau merangkak di tanah
  • Ia memiliki ujung runcing dengnan berbentuk daun tunggal dengan panjang mulai dari 10-17 cm dan lebarnya bervariasi dari 9-15 cm
  • Batang bulat hijau dengan panjang 10-15 cm.
  • Bunga unik dengan kelopak berbentuk corong, memiliki kangap, lembut, hijau. Bunga kuning dan mahkota memiliki bulu halus.
  • Memiliki biji yang keras, rata dan putih dengan panjang 6-7 mm dan lebar 5-6 mm
Berakar hanya dengan warna putih kotor

Selain digunakan sebagai bahan pembuatan nabati, ternyata buah kundur juga bisa dijadikan minuman, yakni dengan mengambil ekstrak buah kundur sebagai jus. Berikut beberapa manfaat dari kundur:

1. Bisa mendinginkan tubuh


Buah Kundur sangat kaya akan air, kandungan air dalam beligo buahnya mencapai 97%. Seperti yang kita semua tahu, bahwa air adalah salah satu komponen terpenting dalam tubuh, sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Salah satu manfaat air bagi tubuh adalah sebagai pengatur. Selain itu, air juga sangat berperan dalam pembubaran nutrisi dan membantu penyerapan nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu, diyakini bahwa buah kundur melebihi gejala panas dalam, demam, sakit tenggorokan, dan bibir pecah-pecah.

2. Turunkan kolesterol


Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol dalam selaput sel yang beredar di dalam darah. Buah Kundur mengandung serat yang cukup tinggi, namun kandungan kalori di dalamnya cukup rendah. Kandungan serat berfungsi untuk membantu penyerapan karbohidrat dan lemak dalam tubuh dan membantu dalam pengangkatan sisa-sisa zat makanan yang telah diserap oleh tubuh berupa kotoran.

3. Menurunkan gula darah


Satu studi menunjukkan bahwa manfaat buah kundur dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus. Tingkat gula disebabkan oleh turunnya jumlah karbohidrat yang diserap oleh tubuh serta adanya peningkatan reaktivitas terhadap insulin yang dihasilkan akibat fitokimia yang terkandung dalam labu.

4. Menurunkan berat badan


Buah Kundur memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dari 100 gram yang melayani hanya 13 kalori yang berkontribusi kcal. Karena itu, ahli gizi sangat menganjurkan buah kundur untuk program penurunan berat badan.

5. Kurangi risiko kanker


Salah satu khasiat buah kundur terkandung dalam manfaat vitamin C yang memainkan antioksidan alami dalam tubuh. Peran vitamin C dalam buah kundur sangat membantu dalam membantu menghindari radikal bebas yang mengembangkan risiko terkena kanker.

6. Mengatasi Sembelit


Kandungan air dalam buah labu bermanfaat untuk membantu proses pencernaan untuk memudahkan pergerakan makanan ke dalam usus, yang dikeluarkan dari tubuh berupa kotoran.

7. Lindungi sistem pencernaan tubuh
Buah Kundur memiliki sifat memperkuat usus. Aktivitas anabolik benih kundur membantu pertumbuhan jaringan baru. Nutrisi air dan serat di dalamnya memiliki sifat keseimbangan keasaman. Jadi bila ada gangguan pencernaan atau selama hyperacidity, alternatif untuk mengatasinya adalah dengan minum kundur jus buah. Manfaat buah juga memiliki keseimbangan sifat dasar di tubuh dan usus.

8. Menghilangkan racun dalam tubuh


Mengkonsumsi jus buah kundur bisa membantu tubuh menetralkan kandungan racun dalam tubuh, yang dibawa oleh makanan, minuman atau udara yang kita hirup.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar