Tips Merawat Tubuh

Senin, 18 September 2017

Manfaat Daun Dadap untuk Pengobatan

Manfaat Daun Dadap untuk Pengobatan - Dadap atau cangkring atau Erytrina variegata adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai kandang hidup atau tanaman penutup. Tanaman ini bisa ditemukan di hutan pesisir Afrika Timur, India, Asia Tenggara, daratan Australia.

 Manfaat Daun Dadap untuk Pengobatan

Manfaat Daun Dadap untuk Pengobatan

Sifat Tanaman Dadap


dadapSebutan memberi manfaat lain bagi tanaman yang masuk ke dalam fungsi genus erythrina dalam keluarga Fabaceae dan ini termasuk ayam DADAP, laut DADAP, theutheuk, dalungdung, bisikan, Itam, Dapdap, andorogat, th'ong Banz, Baan thong, thong laai Laang, thong phueak, penglay-kathit, pohon karang India, cakar harimau, arbre au Corail, arbre Immortel, dan lain-lain. Tanaman ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

Rata-rata ukuran pohon, dengan tinggi 15 sampai 20 m. Saat masih muda, tekstur kulitnya halus dan garis-garis vertikal hijau, abu-abu, coklat muda atau keputihan. Ini memiliki duri hitam kecil (1-2 mm).
Ini memiliki tiga daun komposit, hijau sampai hijau muda. Batang daun memiliki panjang antara 10-40 cm. Dengan daun bulat, segitiga atau belah ketupat dengan ujung tumpul. Ukuran anak daun antara 9 sampai 25 cm dengan lebar 10 sampai 30 cm. Biasanya, daun tanaman akan jatuh di musim kemarau. Ini memiliki rasa pahit.
Bunga tanaman ini berbentuk kerucut berbentuk kluster. Biasanya muncul di sebelah atau di ujung ranting botak saat daun mulai jatuh. Bunga mahkota merah oranye sampai merah tua.
Benih berbentuk seperti telur berwarna coklat, merah atau ungu cerah.

Manfaat Daun Dadap untuk Pengobatan


Selain digunakan sebagai lindung nilai dan perindang dari pohon, tanaman ini juga bisa digunakan di dunia kesehatan, seperti:

1. Pengobatan cacingan


Penyakit ini bisa menimpa siapa saja, anak-anak dan orang dewasa. Gejala yang dialami korban sangat bervariasi, mulai dari wajah pucat, perut membengkak, tubuh kurus hingga timbulnya demam. Konsumsi ramuan yang berasal dari campuran daun papap dihancurkan dan manfaat madu bisa mengatasi gangguan cacingan.

2. Pengobatan disentri

Disentri adalah infeksi yang terjadi di usus yang bisa menyebabkan diare disertai darah dan lendir. Untuk pencegahan penyakit ini, Anda harus selalu menjaga bersih dan rajin mencuci tangan dengan sabun, dan mengkonsumsi makanan sehat.

Untuk pengobatan disentri bisa dilakukan dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi campuran lembaran DADAP yang telah dihancurkan dan dicampur dengan manfaat minyak jarak (kasteroli).

3. Mengobati demam


Seringkali, ketika anggota keluarga demam, panik timbul saat mereka menghadapinya. Beberapa upaya dilakukan untuk mengatasi seperti dengan menemui dokter, menghabiskan banyak uang. Sebenarnya, jika kita tahu dan agar-agar tentang manfaat tanaman disekitarnya, tidak perlu terburu-buru melakukannya.

Salah satunya adalah dengan menerapkan manfaat daun papap yang telah dipipis halus di ekstremitas. Jika kita jumpai seorang wanita yang masih dalam masa postpartum sedang mengalami demam, kita bisa menerapkan daun bobokan DADAP ke perutnya sebagai tahap pengobatan.

4. Pengobatan insomnia


Saat kita mengalami gangguan tidur atau insomnia medis, ada baiknya kita mengonsumsi lembaran DADAP muda dengan cara menggunakannya sebagai sayuran atau sayuran segar.

5. Mempercepat menstruasi


Jika Anda memiliki masalah menstruasi, berarti ada akumulasi darah kotor di rahim yang bisa mengganggu kesuburan. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi daun dadap biasa bersama dengan bunga sebagai sayuran.

6. Meringankan gejala rematik


Gejala rematik atau asam urat tentu akan mencegah semua aktivitas kita sehari-hari. Untuk mengatasinya, coba aplikasikan manfaat daun yang sudah direbus seperti tapal pada persendian yang terasa sakit.

7. Pengobatan pembengkakan


Sering terjadi pembengkakan pada luka, atau memar yang terasa sakit. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada bagian tubuh yang terkena. Untuk membantu mengobatinya, gunakan tutup daun daun di daerah yang mengalami kembung. Lakukan ini sesering mungkin, sampai Anda sembuh,

8. Pengobatan sakit kepala atau pusing


Pusing adalah gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Sangat sering kita harus menghentikan aktivitas sampai beberapa saat. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya mengoleskan lembar labu ke dahi sebagai pengobatan alami.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar