Tips Merawat Tubuh

Jumat, 15 September 2017

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh - Manfaat Puasa. Pada saat Ramadhan khususnya, umat Islam diminta untuk berpuasa sesuai syariat Islam. Puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ini karena puasa dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengangkatan racun dari dalam tubuh. Apalagi saat puasa di bulan Ramadhan dilakukan sebulan penuh yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Berikut adalah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat untuk berpuasa

BACA JUGA : Dokter sunat pekanbaru 

Meningkatkan kapasitas intelektual
Puasa dapat meningkatkan otak yang berasal dari neurotrof, yang membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel otak dan, pada akhirnya, dapat memperbaiki fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat puasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat menyebabkan seseorang menurunkan tingkat stres.

Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Puasa memiliki efek yang baik pada kesehatan jantung, saat puasa, tubuh meningkatkan HDL dan menurunkan kadar LDL yang sangat merusak kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Turunkan kolesterol

Penurunan berat badan pada saat berpuasa adalah salah satu manfaat puasa. Sebuah studi di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa ada penurunan kadar kolesterol darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke. Apalagi jika mengikuti program diet sehat, kadar kolesterol bisa diturunkan dengan mudah.

Bisa berpikir lebih tajam dan lebih kreatif

Puasa bisa membuat pikiran lebih tenang dan lambat, menurut sebuah studi mental yang lamban dapat membuatnya bekerja lebih akut. Kelaparan saat berpuasa adalah masalah alami saat kelaparan memaksa berpikir lebih akut dan lebih kreatif.

Kurangi Kebiasaan Buruk

Puasa adalah salah satu cara yang tepat untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk. Selama kegiatan puasa Anda bisa menghentikan kebiasaan seperti merokok dan mengonsumsi makanan manis.

Berat Terkontrol

Puasa bisa membuat tubuh menurunkan berat badan lebih mudah. Tidak perlu diet berlebihan menurunkan berat badan. Saat mengonsumsi makanan cukup dan terus mengonsumsi makanan sehat saat berpuasa.

Memelihara ginjal

Ginjal berfungsi sebagai filter zat berbahaya dari mana kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis / kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat puasa, tujuan untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat dicapai dengan cara yang pada akhirnya akan berdampak baik pada kesehatan ginjal.

Hilangkan racun dalam tubuh

Manfaat puasa juga bisa mengeluarkan toksin dalam tubuh yang menumpuk atau mendetoksifikasi. Selama puasa, Anda bisa mendetoksifikasi atau menghilangkan toksin dalam sistem pencernaan dalam sebulan. Saat tubuh mengkonsumsi cadangan lemak untuk mendapatkan energi, toko lemak akan membakar semua racun berbahaya di tu

Pencegahan diabetes

Diabetes bisa disebabkan oleh kadar gula dan kolesterol tinggi yang terkandung dalam tubuh. Dengan aktivitas puasa konsumsi gula dan makanan berlemak akan terkontrol sehingga pada akhirnya bisa mencegah penyakit diabetes dan turun-temurun.

Menyerap banyak nutrisi

Metabolisme akan menjadi lebih efisien saat Anda berpuasa. Metabolisme yang efisien berarti bahwa jumlah nutrisi yang diserap dari makanan menjadi lebih besar. Hal ini disebabkan oleh kenaikan hormon adiponektin yang dihasilkan oleh kombinasi puasa dengan Sahur, yang memungkinkan untuk menyerap lebih banyak nutrisi.

Itulah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Dengan berpuasa di bulan Ramadhan atau pada hari Senin dan Kamis, tubuh kita akan lebih sehat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar